Beberapa jenis web hosting yang harus kamu ketahui !

[caption id="attachment_181" align="aligncenter" width="532"]Beberapa jenis web hosting Beberapa jenis web hosting[/caption]

Tahukah sobat jika ada banyak sekali jenis jenis dari web hosting ? Sebelum kita memulai pembahasan mengenai beberapa jenis dari web hosting mari kita pelajari terlebih dahulu apa itu hosting ?

Hosting adalah suatu space atau tempat di internet yang kita gunakan untuk menyimpan data-data situs kita. Entah itu situs perusahaan, situs pribadi, situs blog, dan lain sebagainya. Setiap situs yang ingin kita onlinekan sehingga banyak orang bisa mengaksesnya, harus disimpan pada suatu host.

dan apa itu web ?

Situs web (bahasa Inggris: website) adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi.

Jadi Web hosting adalah jasa penyewaan server dan aplikasi/softwarenya untuk keperluan web server. Secara definisi ruang lingkupnya hanya meliputi web server, tetapi secara praktis webhosting meliputi layanan untuk keperluan web server dan mail server.

Oke sampai disini dulu semoga sobat sudah dapat memahami dan mengenal apa itu web hosting.

Sekarang mari kita lihat jenis jenis yang ada pada web hosting.

#1. Reseller hosting / menjual kembali hosting.


Pasti sudah tidak asing lagi kan dengan nama diatas, Ya Hal ini mirip dengan layanan shared hosting web. beberapa perbedaan adalah reseller hosting memungkinkan Anda untuk menjual kembali ruang hosting Anda kepada orang lain.

layanan hosting ini sangat canggih : mereka datang dengan panel kompleks kontrol, program penagihan, dan hal-hal canggih lainnya. jika sobat menggunakan layanan hosting ini,  Dapat dipastikan sobat akan menemukan keuntungan sebagai berikut:

Dukungan Teknis - Penyedia layanan hosting akan mengurus masalah teknis pelanggan Anda mungkin mengalami. Ketika klien Anda menghubungi Anda karena masalah teknis, merujuk mereka ke penyedia layanan.

Nama Server - Anda akan mendapatkan server nama Anda sendiri. Dengan demikian, bisnis Anda akan tampak lebih besar daripada sebenarnya. Meminta klien Anda ke titik domain mereka langsung ke server nama Anda.

Website Template - Template ini akan membantu klien Anda dalam membuat website baru. Anda dapat menggunakan fitur ini sebagai alat pemasaran yang hebat.

Semakin baik fitur dan sumber daya server, semakin mahal pula harga paket hostingnya.

#2. Dedicated Web Hosting


Jenis hosting ini memungkinkan Anda menyewa server fisik. Anda akan mendapatkan kontrol penuh atas fitur yang ingin Anda gunakan. Jadi seperti 'root' atau 'admin' tingkat akses sangat penting jika Anda berencana untuk membuat sebuah situs web e-commerce

Website Anda akan menjadi satu-satunya hal yang hadir dalam dedicated server. Dengan demikian, Anda dapat yakin kinerja website yang sangat baik dan ketersediaan. Semua memori, daya komputasi dan sumber daya lainnya milik situs Anda.

Ya bisa disebut jenis web hosting dedicated ini merupakah hosting dengan harga yang mahal sekali namun kita tidak perlu khawatir lagi dengan ketangguhan dan fitur yang telah disediakan didalamnya karena emang sudah di khususkan buat kamu yang pengen membuat web berkapasitas besar.

#3. Shared Web Hosting


Shared web hosting adalah salah satu pilihan yang paling terjangkau buat sobat . karena biaya bulanan berkisar dari $ 5 sampai $ 20. Di sini, Anda akan berbagi server dengan situs-situs lain. Mari kita lihat beberapa keuntungan dari Shared web hosting dibawah ini :

Tidak perlu investasi besar untuk startups
Ideal untuk website dengan lalu lintas yang tinggi
Mendapatkan fitur premium seperti SSD, SSL dengan biaya rendah dan terjangkau pastinya
kita akan mendapatkan domain gratis di setia pembelian hosting berjenis ini
dukungan teknis dari perusahaan hosting yang selalu on time 24 jam.

#4. Cloud Web Hosting


Cloud hosting (hosting awan) adalah bentuk terbaru hosting yang semakin populer dari waktu ke waktu.

Konsep utama dari cloud hosting adalah “Divide and Rule” yang berarti sumber daya yang diperlukan untuk menjaga website tetap online tersebar di lebih dari satu web server dan akan dialokasikan sesuai dengan kebutuhan.

Hal ini akan sangat mengurangi kemungkinan terjadinya downtime saat terjadi kerusakan pada server.
Aspek lain yang patut dicatat adalah bahwa cloud hosting memungkinkan Anda untuk mengelola beban puncak dengan lebih mudah, tanpa menghadapi masalah kekurangan bandwidth karena server lain dapat menyediakan sumber daya tambahan.

Hal ini dimungkinkan karena situs web tidak mengandalkan hanya satu server, melainkan sekelompok server yang bekerja sama yang disebut sebagai “awan (cloud)”.
Contoh Cloud Hosting
Jika Anda mencari contoh siapa yang sudah menerapkan cloud hosting, maka Google akan menjadi contoh paling mudah.
Mesin pencari Google menempatkan sumber dayanya ke ratusan cloud hosting.
Hal ini membuat Google belum pernah mengalami downtime selama dekade terakhir ini.


Cara Kerja Cloud Hosting


Seperti dijelaskan di atas, setiap server di jaringan cloud hosting memiliki satu set tugas tertentu.
Saat terjadi gangguan pada satu server, maka server lain akan menggantikan server yang gagal tersebut dan menyediakan sumber daya yang diperlukan.

Hal yang sama juga terjadi dalam kasus overloading (kelebihan beban).
Untuk memastikan cloud hosting bisa berfungsi baik, diperlukan hardware server berkualitas tinggi agar mampu menjalankan berbagai tugas tersebut.

Hardware berkualitas rendah hanya akan meniadakan kelebihan cloud hosting dan justru hanya meningkatkan biaya tanpa diiringi hasil yang signifikan.

Penyedia layanan cloud hosting berkualitas harus mampu memberikan layanan cloud yang handal yang harus bisa melebihi apa yang ditawarkan oleh dedicated server.

Cloud Hosting vs Dedicated Server


Faktor yang membedakan antara cloud hosting dengan dedicated server adalah soal kehandalannya.
Cloud hosting yang memiliki jaringan server akan memiliki waktu “uptime” lebih baik dibandingkan dedicated server yang hanya memiliki satu server.

Namun, keunggulan cloud hosting memang masih harus ditebus dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dedicated server.

Namun, bagi perusahaan yang memerlukan situs web mereka selalu bisa diakses, maka cloud hosting akan menjadi pilihan tepat.

#5. Vps Web hosting


Virtual Private Server masih mirip dengan shared hosting, hanya saja dengan resource yang lebih besar, dan virtualisasi pada setiap server.

Dengan virtualisasi, kita memiliki Sistem Operasi sendiri untuk hosting yang kita pesan. Kelebihannya kita bisa melakukan instalasi software tambahan.

Virtualisasi pada VPS juga ada beberapa jenis, namun tidak akan saya jelaskan detail di sini. Software vistualiasi yang cuku populer pada VPS adalah OpenVZ, XEN, KVM, dan Parallel Virtuozo.

*mohod dikoreksi jika salah

Setiap software virtualisasi memiliki kelebihan dan kekuranngannya masing-masing, kita pilih sesuai kebutuhan.

Jenis web hosting memungkinkan Anda untuk menikmati manfaat dari dedicated hosting dikurangi biaya tinggi. Anda akan berbagi server tunggal dengan orang lain, sehingga harga yang Anda harus membayar jauh lebih rendah dari dedicated server. Ini adalah pilihan terbaik jika Anda ingin mencegah 'website tetangga' dari menabrak situs Anda.

Dua jenis vps ini adalah :

Manged- Tipe ini sangat ideal untuk orang-orang yang tidak memiliki waktu atau keterampilan untuk mengelola server VPS. Personil teknis dari perusahaan hosting akan mengurus permintaan Anda dan menjaga server untuk Anda. Dengan opsi ini, Anda akan menikmati jaminan ketersediaan situs dan infrastruktur data yang aman. Kecepatan layanan hosting VPS dikelola juga terkenal.
Unmanaged - Di sini, penyedia layanan akan mengurus ketersediaan server saja. Mereka tidak akan membantu Anda dalam menjaga dan mengelola server Anda. Dengan demikian, pilihan ini membutuhkan keterampilan teknis dan pengetahuan dari pemilik. Sebagai pemilik sebuah VPS unmanaged, Anda akan menangani instalasi, upgrade, dan pemeliharaan perangkat lunak. Selain itu, Anda harus backup semua file sistem Anda karena tuan rumah tidak akan memberikan dukungan teknis banyak.

Kesimpulan nya :

Web hosting merupakan aspek penting dari sebuah situs web. Ada layanan hosting gratis di luar sana, tetapi mereka melibatkan fitur terbatas dan biasanya banyak sekali iklan yang ditempelkan didalamnya. Jika Anda ingin membuat atau mempunya website berkinerja tinggi dan bisa disesuaikan, Anda harus pergi untuk layanan web premium hosting seperti yang tercantum dalam artikel ini.

Terimakasih kalau ada yang salah mohon di koreksi dan jangan sungkan untuk memberi komentar pada kolom komentar dibawah ini.

 
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Copyright © marcoustik | Powered by Blogger