Belajar javascript gratis untuk pemula

[caption id="attachment_203" align="aligncenter" width="560"]situs belajar javascript gratis situs belajar javascript gratis[/caption]

Belajar javascript untuk pemula


Assalamualaikum hai hallo sobat marcoustik dimanapun kamu berada, selamat datang di blog sederhana ini semoga apa yang kamu cari ada disini dan dapat menyelesaikan sekelumit masalah yang sedang kamu hadapi hari ini, Gimana liburanya kemarin menyenangkan tidak ?

Pagi ini saya ingin berbagi sedikit informasi mengenai tempat belajar javascript khususnya belajar javascript untuk pemula postingan ini diawali dengan saya sendiri yang ingin belajar javascript walaupun nggak punya basic disana kamu tetap harus mempunyai tekad untuk belajar, Sebelum kita masuk lebih dalam lagi ada baiknya kita mengenal dulu Apa itu javascript ?

Kalau kamu yang kuliah di fakultas ILKOM atau ilmu komputer mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya javascript atau yang sering disingkat dengan JS hmmm buat sobat yang belum tahu mari kita cari tahu dibawah ini tentang apa itu javascript.

JavaScript adalah satu-satunya bahasa yang tersedia di browser secara default. Jika anda ingin menjadi seorang front-end engineer belajar JavaScript wajib hukumnya, Atau secara lebih luasnya Javascript adalah sebuah bahasa komputer atau kode pemrograman yang digunakan pada website agar website tersebut menjadi lebih interaktif dan dinamis. Javascript adalah jenis bahasa pemrograman client side. Penggunaan kode javascript pada sebuah website bersifat opsional, artinya tidak harus selalu ada.

Lalu bagaimana dengan sejarah JavaScript itu sendiri min ?

JavaScript pertama kali dikembangkan oleh Brendan Eich dari Netscape di bawah nama Mocha, yang nantinya namanya diganti menjadi LiveScript, dan akhirnya menjadi JavaScript.

Navigator sebelumnya telah mendukung Java untuk lebih bisa dimanfaatkan para programmer yang non-Java.

Maka dikembangkanlah bahasa pemrograman bernama LiveScript untuk mengakomodasi hal tersebut.

Bahasa pemrograman inilah yang akhirnya berkembang dan diberi nama JavaScript, walaupun tidak ada hubungan bahasa antara Java dengan JavaScript.

JavaScript bisa digunakan untuk banyak tujuan, misalnya untuk membuat efek rollover baik di gambar maupun teks, dan yang penting juga adalah untuk membuat AJAX. JavaScript adalah bahasa yang digunakan untuk AJAX.

Referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/JavaScript

Sekarang dimana kita bisa belajar javascript secara gratis ?

Ada beberapa tempat belajar gratis bahasa pemrograman javascript  yang pertama mari kita lihat untuk situs yang berbahasa inggris disana pemebelajarannya menggunakan video hmm interaktif sekali bukan.

#1. http://javascript-roadtrip.codeschool.com/

Disini adalah tempat kamu bisa belajar javascript secara online dan gratis terutama buat kita yang masih pemula karena nanti kamu akan disuguhkan video - video pembelajaran yang menarik.

#2. http://ejohn.org/apps/learn/

Disitus ini ada 15 bagian pembelajaran javascript yang nantinya akan kamu dapatin, Tapi disini dikhususkan buat kamu yang sudah mengerti javascript alias untuk mereka yang sudah memiliki kemampuan menengah hingga atas dibidang javascript.

#3. http://www.codecademy.com/tracks/javascript

Pembahasan javascript disini adalah seputar  function, loops, struktur data (array & object) ada 7 bagian yang akan kamu temukan disana dan dapat kamu selesaikan dalam waktu 10 jam membaca saja.

Situs situs diatas rekomended buat kamu yang sudah mengerti atau paham bahasa inggris jika kamu belum menguasai atau mengerti bahasa inggris tenang saja dibawah ini saya sudah merangkum situs belajar javascript mengguanakan bahasa kita yaitu bahasa indonesia. Cekiddoooot

#1. http://javascript.belajar.biz/

Situs ini mempunyai motto keren sob begini katanya :

situs ini untuk orang yang mau mulai belajar javascript dari sekarang.

kalau sekarang anda tidak tahu apa pun, tidak usah khwatir.
saya mau anda tau dan enjoy dalam javascipt programming...

Nah kira kira kapan sobat mau memulai belajar javascript disana ? hehehe

#2. https://belajarkoding.net/

Disitus ini sobat tidak hanya mendapatkan ilmu mengenai bahasa pemrograman js saja melainkan ada banyak sekali pembahasan mengenai bahasa pemrograman lain disana cek sendiri aja dah hehehe.

#3. http://prothelon.com/belajar/category/belajar-javascript

Masih sama dengan situs diatas : Belajar PHP, Cara Membuat Website, Blog, HTML, MySQL khusus pemula, gratis, mudah & lengkap.

#4. https://codesaya.com/javascript/

User friendly banget situsnya lengkap dengan struktur pembahasan mengenai pemrograman javascript.

#5. https://hacktiv8.com/ tidak gratis !

Siapa yang tidak mengenal https://hacktiv8.com/ hehehe jika kamu kursus disini dengan sungguh - sungguh maka kamu tidak perlu takut tidak mendapatkan kerjaan karena pekerjaan yang akan mencari kamu.

Program Full-Time Efektif
Kelas interaktif selama 11 jam setiap hari dengan kurikulum yang dirancang untuk membangun keahlian yang dapat diaplikasikan pada perkembangan dunia teknologi terkini, bersama para profesional dari industri teknologi dan berbagai perusahaan.
Dukungan Karir
Pengembangan diri dengan sistem pengajaran yang aktual dan tepat sasaran akan membekalimu menjadi pribadi yang siap berkarir sebagai web developer profesional.
Jaminan Pekerjaan
Program intensif HACKTIV8 akan membuka kesempatanmu pada lapangan pekerjaan. Buktikan komitmen kami untuk keberhasilanmu dalam 120 hari setelah menyelesaikan keseluruhan program atau seluruh biaya program akan kami kembalikan.

Kamu bisa langsung cek di situs resminya mengenai berapa biaya kursus disana.

#6. Silahkan kamu tambahkan situs belajar javascript yang menggunakan bahasa indonesia dengan berkomentar dibawah artikel ini

Semoga bermanfaat ya sobat , Jika ada kesalahan dalam pengetikan mohon dikoreksi dan jangan sungkan untuk mengemukakan pendapat dan pertanyaan dibawah postingan ini tepatnya ya dikolom komentar heheheh.

 
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Copyright © marcoustik | Powered by Blogger